Mengatasi Masalah AC yang berbau busuk

Mengatasi Masalah AC yang berbau busuk

Apakah Anda pernah merasakan AC yang mengeluarkan bau busuk? Saat menghidupkan AC, Anda ingin menikmati suasana udara segar dan sejuk. Akan tetapi udara tercampur dengan bau tak sedap, sehingga dapat merusak kesegaran udara disekitar. Kemudian bau dari udara bisa masuk ke seluruh ruangan dan bahkan seluruh rumah. Ada banyak alasan mengapa AC berbau tidak sedap.

Penyebab utama bau AC seperti berikut ini :

Filter AC yang tersumbat

Filte AC

Filter AC tesumbat

Salah satu penyebab paling umum yang membuat AC berbau tidak sedap adalah filter yang tersumbat. Seiring waktu, filter di dalam AC mengumpulkan debu dan partikel kecil lainnya. Filter dirancang untuk menyaring puing-puing dan mencegah partikel debu masuk ke AC, jika penumpukannya terlalu lama, udara yang melewati unit mulai tercium. Sementara filter tersumbat bisa terjadi di unit manapun.

Masalah kelembaban udara

AC banyak lendir

AC berlendir

Meskipun sudah umum diketahui bahwa AC mendinginkan ruangan, banyak orang lupa bahwa mereka juga mengalami dehumidifikasi. Untuk mengurangi udara, unit AC perlu mengeluarkan panas dan kelembaban. Jika unit AC lebih besar dari ruangan, tentu akan mendinginkan udara ruangan tetapi tidak cukup mendeteksi udara. Bila kelembaban sangat tinggi, AC akan terkena kelembapan yang berlebih, mengakibatkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan menyebabkan bau busuk dalam waktu yang lama.

Bocor Freon di Unit AC

AC bocor Freon

Bocor Freon

Jika mencium bau dari unit AC seperti gas atau asap, mengindikasikan bahwa terjadi kebocoran Freon. Jangan biarkan AC yang bocor Freon terlalu lama di diamkan, Segera mungkin untuk menghindari kerusakan lebih fatal pada sistem AC untuk menghasilkan kualitas udara yang baik. Untuk mengatasi bau gas atau asap (bocor Freon), yang harus dilakukan pertama adalah mencari titik kebocoran, kemudian jika sudah ditemukan titik kebocorannya segera perbaiki dengan pengelasan jika diperlukan.

Hewan kecil (pengerat) yang terperangkap di unit AC

Tikus mati di Indoor AC

Tikus bersarang di indoor AC

Banyak kasus kejadian dimana hewan kecil, terutama hewan pengerat, burung dan cicak, dapat memasuki ventilasi udara dan membuat sarang, terjebak dan akhirnya mati. tubuh binatang itu akan membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap, seperti telur busuk. Bau busuk ini membuat sebagian orang takut menyalakan AC dan memaksa untuk memilih antara rumah yang panas dan lembab, atau bau busuk. Karena kenyataannya udara harus melewati binatang yang mati membusuk, udara akan menyebarkan bau busuk di dalam ruangan. Solusinya dengan melepaskan dan membuang bangkai binatang yang telah mati dan ventilasi dibersihkan dengan seksama.

Mengatasi AC bau busuk
Faktor-faktor seperti kelembaban, kurangnya perawatan rutin dan kerusakan, dapat menyebabkan AC mengeluarkan bau busuk. Jika AC berbau tidak sedap, bisa jadi karena banyak penyebab yang berbeda. alasan utama mengapa AC berbau tidak sedap diantaranya: jamur, hewan yang membusuk, kebocoran Freon, filter tersumbat atau unit AC yang besar. Apakah Anda mencium bau telur yang membusuk, gas atau kaus kaki kotor, semua bau menandakan ada sesuatu yang salah dengan AC Anda.

Sahabat AC Air Conditioner Repair Services
Jika AC Anda berbau busuk, sebaiknya hilangkan sumber bau secepat mungkin dengan mencari tenaga jasa service AC profesional. Seperti  SAHABAT AC dapat menilai, membersihkan dan memperbaiki unit AC Anda. Untuk membersihkan rumah Anda dari bau, hubungi kami melalui telepon/SMS/Whatsapp, teknisi kami akan datang kerumah anda secepat mungkin.

Sahabat AC

CV SAHABAT menyediakan jasa service AC murah dan bergaransi, menawarkan jasa perbaikan, bongkar pasang, isi freon, cuci AC, dan kami juga menjual AC baru maupun AC bekas dengan harga yang terjangkau, setiap perbaikan dan pemasang AC GARANSI 8 bulan Hub : Telp/SMS/Whatsapp 0878 8268 7644

Mungkin Anda juga menyukai

Telepon
Petunjuk Arah