Mengenal Gejala Penyakit SBS

Sick Building Syndrome (SBS) yaitu kumpulan gejala yang disebabkan oleh buruknya kualitas udara ruangan, ditandai dengan keluhan-keluhan mata pedih, merah, berair, kepala pusing, batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, rongga mulut sakit, rongga mulut kering, badan panas dingin, mual, tidak nafsu makan, lesu, kelelahan, pegal-pegal anggota tubuh dan kulit gatal.

Gejala Penyakit SBS

Gejala Penyakit SBS

Polusi udara dalam ruangan diakui  sebagai salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi saat ini. Udara dibagi menjadi dua bagian yaitu udara luar dan udara dalam ruangan. Udara dalam ruang atau indoor air adalah udara dalam ruang gedung (rumah, sekolah, restoran, hotel, rumah sakit, perkantoran) yang ditempati sekelompok orang dengan tingkat kesehatan yang berbeda-beda selama minimal satu jam. Sedangkan udara luar atau outdoor air adalah udara yang bergerak bebas di atmosfer dan jumlahnya lebih banyak dari udara dalam suatu ruangan.

Pencemaran udara akibat mikroba dapat berupa bakteri, jamur, protozoa dan  produk  mikroba lainnya  yang  dapat ditemukan di saluran udara dan alat pendingin beserta seluruh sistemnya. Gangguan  ventilasi  udara  berupa kurangnya  udara  segar yang masuk, serta buruknya distribusi udara dan kurangnya perawatan sistem ventilasi udara.

penyebab gejala sbs

Penyebab terjadinya gejala SBS

Penyakit   yang menyebar lewat udara yang bersifat  biologis terdiri  atas  berbagai  jenis  mikroba patogen, antara  lain jamur,  metazoa,  bakteri,  maupun  virus.

Kualitas udara dalam ruang dipengaruhi antara lain kondisi bangunan, elemen interior, fasilitas pendingin ruangan, pencemar kimia dan pencemar biologi.

Buruknya kualitas udara dalam ruang akibat keberadaan pencemar biologi yaitu bakteri dan jamur ditengarai menjadi salah satu sebab terjadinya gejala sick building syndrome (SBS). Kondisi kesakitan akibat mikroba udara dalam ruangan bersifat akut akan tetapi bisa mengganggu penghuni dalam ruangan yang lainnya.

bersih bersih

Menjaga kebersihan ruangan mencegah gejala SBS

Untuk mencegah timbulnya penyakit ini, rajin-rajinlah membersihkan ruangan dalam rumah maupun kantor jangan lupa untuk membersihkan peralatan rumah tangga maupun kantor yang sekiranya sudah cukup kotor dan banyak debu menempel khususnya pada unit ac minimal service ac 3 bulan sekali dan 1 bulan sekali untuk perkantoran untuk membantu memperlancar sirkulasi udara dan memberikan udara yang segar dan sejuk agar terhindar dari penyakit SBS ini.

Bila anda membutuhkan jasa service/cleaning alat pending sahabat ac siap datang ketempat anda, rumah, kantor, swalayan dan lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Hubungi kami